Selasa, 07 Agustus 2012

Sus Goreng Saus Bolognaise



Awalnya aneh aja denger kue sus yang digoreng. Setahuku kue sus dipanggang bukan digoreng. Tapi ternyata setelah coba buat sendiri kok enak ya rasanya. Akhirnya setelah browsing sana sini untuk cari filling atau isiannya, maka pilihanku jatuh pada saus bolognaise. Kue sus yang gurih sangat cocok dimakan dengan saus bolognaise yang asam manis. Ditambah dengan jagung manis yang legit. Hmmmmm....kudapan ini sangat cocok untuk teman minum teh atau menjamu arisan dan acara kumpul-kumpul dengan teman2. Untuk mempermanis tampilannya kita bisa menambahkan keju parut diatasnya. Tapi maaf digambar ini sausnya ngumpet, malu kali hehehehhe. Yuk intip resepnya :

Bahan Kulit:
100 ml air
35 gram mentega tawar
1/4 sendok teh garam
75 gram tepung terigu protein sedang
100 gram telur
minyak untuk menggoreng
Bahan Isi :

2 buah jagung manis, pipil
250 gr daging giling
4 siung bawang putih, geprek
30 gr mentega
150 gr udang, cacah
Saus tomat secukupnya
Garam, gula, merica bubuk secukupnya
Kaldu sapi padat
Tepung maizena secukupnya ( bahan pengental )

Cara membuat :
  1. Kulit : rebus mentega dan garam sampai mendidih. Matikan api. masukkan tepung terigu. Aduk rata. Nyalakan api. Aduk hingga adonan kalis. Angkat, sisihkan biarkan hangat.
  2. Tambahkan telur. Aduk rata.
  3. Sendok adonan bulat2 dengan menggunakan sendok teh. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Isi : tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling dan udang. Aduk hingga udang berubah warna. Masukkan jagung manis, aduk rata.
  5. Tambahkan saus tomat, aduk rata. Masukkan merica, garam, gula dan beri air secukupnya. Didihkan. 
  6. Beri larutan maizena untuk mengentalkannya. Aduk hingga rata dan setelah itu angkat dari kompor, sisihkan.
  7. Penyajian : potong kue sus tapi tidak sampai putus. Isi bagian tengahnya dengan saus. Sajikan dengan memberi toping keju diatasnya.


Note : 
Setiap kali akan menyendok adonan untuk digoreng, aduk adonan terlebih dulu, hingga hasil sus goreng akan bagus yaitu bagian tengahnya berongga ( tidak bantat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar