Jumat, 24 Agustus 2012

Kriuk-kriuk...kress..kress si Tahu Krispi

Dulu aku gak pernah suka tahu goreng. Bagiku rasa tahu goreng aneh karena hambar, walaupun udah direndam dengan bawang putih dan garam sih. Jadi tiap ada tahu goreng dirumah pasti bersisa alias gak habis. Lain lagi kalau tahu diolah, entah itu jadi bola-bola tahu atau tahu isi mie dan wortel ( itu aku suka ). Nah suatu kali, aku lihat baik di mal atau di pinggir2 jalan orang berjualan tahu krispi. Pikirku apa enaknya ya. Tapi eh..gak taunya, saat aku makan sepotong tahu krispi, tanpa sadar aku nambah...nambah...dan nambah lagi. Akhirnya sekarang gak ada lagi deh tahu goreng yang bersisa dirumah. Setelah aku browsing sana sini untuk cari resep yang cocok dilidahku akhirnya aku ketemu resep tahu krispi yang ternyata sederhana dan gak butuh bumbu yang ribet. Ada penambahan bahan sih, karena aku suka pedas aku tambah resep yang aku dapat dengan tambahan merica. Buat Anda yang pengen bikin tahu krispi dirumah nih aku share resepnya buat Anda, supaya gak perlu lagi jajan tahu krispi di luar. Selain enak dan sehat, hasil jadinya juga banyak. Jadi bisa makan sepuasnya deh.

Bahan :
1 bh tahu, potong dadu atau menurut selera.
4 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt merica bubuk ( bisa juga pakai bubuk cabai tapi bukan paprika bubuk ya )
1/2 sdt garam
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan  kecuali tahu dan minyak. Sisihkan
  2. Masukkan potongan tahu kedalam tepung berbumbu. Tekan-tekan sedikit hingga menempel sempurna.
  3. Panaskan minyak goreng. Goreng tahu dalam minyak panas sampai terendam. Goreng dengan api sedang.
  4. Goreng hingga kuning keemasan. Angkat tiriskan
  5. Hidangkan hangat-hangat.

Note :
  • Terkadang tahu berasa agak sedikit masam, untuk menghindarinya rebus tahu lebih dulu, kemudian tiriskan. Masukkan lemari es
  • Sebelum diolah, tahu direndam ke larutan yang diberi bumbu bawang putih dan garam. Kalau aku sih larutan garam aja ( gak mau ribet soalnya heheh )
  • Untuk menikmati tahu krispi, kita juga bisa menambahkan saus mayonaise yang dicampur dengan susu kental manis. Atau juga bisa dengan taburan bumbu siap pakai yang biasa digunakan untuk bumbu kentang goreng.

3 komentar: