Rabu, 22 Agustus 2012

Simply Grilled Fish


Libur hari ke 5 ini diisi kegiatan memancing oleh bapak2 warga kampungku. Hmm...ternyata banyak juga ya ikan hasil tangkapan mereka. " Kita pesta ikan bakar nanti malam " celetuk salah seorang warga. Nah lo giliran kami nih untuk buat bumbunya. Dan akhirnya dengan dibantu ibu jadi juga bumbu ikan bakar. Nah buat Anda yang ingin tahu bumbunya, nih aku share. Bahan yang dibutuhkan gak sulit kok, pembuatannya pun gak serumit yang dikira, tapi untuk rasa hmmmm....gak kalah dengan ikan bakar resto terkenal. Nih resepnya :

Bahan :
1 kg ikan gurame ( kurleb 3 ekor ikan )
 1 buah jeruk nipis
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 buah cabe merah besar
20 buah cabe rawit merah ( boleh ditambah jika suka pedas )
1 sdm terasi
2 buah tomat ukuran sedang
3 sdm gula merah
Gula dan garam secukupnya.

Cara membuat :
  1. Ikan dibersihkan dari sisiknya. Buang isi perutnya. Belah ikan melalui punggungnya tetapi jangan sampai putus. Lumuri garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama kurleb 30 menit.
  2. Haluskan bumbu halus. Tumis bumbu halus dan tambahkan kecap manis. Rasakan tumisan bumbu menurut selera Anda. Tumis bumbu hingga matang. Angkat.
  3. Bersihkan ikan dari garam dan jeruk. Rendam ikan kedalam tumisan bumbu selama 30 menit, hingga bumbu meresap ke ikan.
  4. Bakar ikan sambil dioles sisa bumbu sampai matang.




Note :
  • Jika tidak menyukai irisan yang melebar, ikan bisa saja dipanggang dengan cara dikerat di kedua sisi ikan. Caranya setelah dibersihkan dari sisik dan isi perut, kerat kedua sisi ikan sehingga bumbu akan meresap sampai kedalam daging.
  • Sebelum dibakar diatas bakaran, sebaiknya lebih dulu ikan dipanggang diatas wajan antilengket sampai setengah matang, supaya saat pembakarannya nanti tidak membutuhkan waktu yang lama.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar